Wednesday, March 14, 2012

Kereta Api Indonesia Dulu Vs Sekarang

 

 Saya agak surprised ketika melihat perkereta apian Indonesia yang sudah mengalami perkembangan cukup signifikan (Tsah! Bahasamu san!). Ini berdasarkan "survey" saya ketika naek Kereta Api Indonesia khususnya yang tarif Ekonomi. (cos saya belum pernah naek kereta Bisnis dan Eksekutip, #TravelerKere hehehe)


  • Kalo dulu belum ada tiket on line sekarang udah ada. (Hihihi, Standart banget infonya).
     
  • Kalo dulu ketika naik kereta api masih banyak pengamen, pengemis, gelandangan, gembel dan kerabat-kerabatnya (termasuk kerabat saya juga) sekarang (hampir) tidak ada lagi yang berkeliaran didalam gerbong. #Aseek
     
  • Kalo dulu setiap detik ada seribu pedagang keliling sekarang sudah lumayan berkurang (tinggal 300 pedagang per detik *LOL*), yang tambah sih pedagang berseragam alias petugas keretanya sendiri, jadi yang jualan ya tetep 4L (Lu Lagi Lu Lagi) biasanya mereka menawarkan jasa seperti persewaan bantal, ada juga yang jualan nasi goreng, mie ayam, sampai bakso (yang terakhir ini saya cuma bercanda, hehe), yang menarik kalo biasanya makanan dikereta semuanya dibungkus, yang ini kita bisa makan pake piring lho, asyik khan? setelah saya selidiki ternyata di salah satu gerbongnya ada dapur khusus. (tapi saya masih ragu dengan kebersihannya, saya kan orangnya steril (pret) *nampar muka sendiri*)
     
  • Ini nih yang paling saya sukak, kalo dulu naik kereta masih ada yang berdiri sekarang udah gak ada, kos di tiketnya udah jelas tertera nomer gerbong dan nomer kursi, jadi kalo ada orang yang nimbrung di kursi kita tinggal bilang aja gini: "Hey Ini Kursi saya! Enyahlah kau dari sini!" (Wakakak kayak adegan Tutur Tinular aja).  

  •  5 tahun yang lalu  jangan harap ada kereta yang tepat waktu, dulu saya pernah sampai kapok naek kereta, saat itu ketika saya masih ABG (Anak Bencong Gilak) pulang dari Surabaya menuju ke Kediri, harusnya sih cuma 3 jam perjalanan, nah ini 5 jam belum nyampe-nyampe, udah gitu keretanya dikit-dikit berhenti, klo bentar mah gak papa lha ini berhentinya luamaaaa banget, saya ampe frustasi dan akhirnya keluar dari kereta, selanjutnya saya berjalan menyusuri rel meninggalkan kereta api laknat itu menuju jalan raya dan pindah naik bus buat pulang, Hah! Kapoks! kereta api bagaikan neraka berjalan bagi saya! tapi itu dulu, kalo sekarang sih saya malah ketagihan traveling naek kereta cos Kereta Api sekarang lebih On Time, berangkat tepat waktu sampai ketempat tujuannya pun tepat waktu persis seperti yang tertulis ditiketnya. Salut deh!

  •  Kalo dulu ketika naik kereta kita pasti sudah familiar dengan segala macam bau-bauan  mulai dari bau sampah, bau bekas muntah, bau parfume durian sampai bau bangkai pengemis, sekarang sudah lebih mending, kos setiap berapa jam sekali (kurang tahu pastinya) akan ada juru sapunya. jadinya gak terlalu bau kalau pun bau mungkin itu bau badan kita sendiri. hihihi
     
  • Kereta api sekarang pun lebih gencar melarang penumpangnya merokok, jadi buat yang alergi asap rokok (seperti saya) bergembiralah! yang perokok? tenang saja masih bisa merokok diluar gerbong (asal jangan ketahuan security-nya aja).
     
  • Salah satu yang belum berubah dari kereta api indonesia adalah toiletnya yang masih gitu-gitu aja en belum ada perkembangan sama sekali, kalo mau beol ya langsung PLUNG dan jatuh gitu aja ke tanah, jadi bagi kalian yang jalan-jalan di rel kereta api harap hati-hati, kalau gak mau nginjek "ranjau" alami ini, atau kalo lagi naek motor trus ada perlintasan kereta api dan kita harus berhenti, sebaiknya jauh jauh deh dari perlintasan, takutnya nanti kalu ada "ranjau" melayang, ini PR buat kita (kita??) para generasi muda untuk menemukan Inovasi Toliet Masa Depan yang lebih higienis dan tidak sampai membuat sang "ranjau" melayang-layang, hihihi.


HIDUP KERETA API INDONESIA!!! MERDEKA!!! (Lho?)
Dimanapun tetep narsis, hihihi (poto ini diambil ketika keretanya berhenti lo, CATET!)

5 comments:

  1. Analisis yg gokil..hehe..Seumur-umur naik kereta api baru sekali pas perjalanan jakarta - solo, perjalanan yang lumayan nyaman..(seringnya cuma naik krl bogor - jakarta)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Budi, hehe Yup sekarang naek kereta emang lebih nyaman, makanya gue ketagihan naek kereta... :)

      Delete
  2. san,di kereta msh byk copet ga?dulu ibuku pernah kecopetan pas perjalanan jogja-jkt...sedih deh :(

    pengalaman yg tak terlupakan tuh wkt naik kereta sm adek2ku, kita digelarin tiker/koran di bawah kursi dan suruh tidur di situ, padahalkan kotor tuh...mana kereta ekonomi lagi...tp perasaan dulu nikmat banget deh,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sekarang udah beda banget kok, gak ada yang namanya tidur dilantai coz nomer kursinya udah jelas, untuk copet sih kayaknya udah terminimalisir dengan banyaknya petugas kereta api yang berkeliaran, tapi tetap harus hati-hati ya... :)

      Delete
    2. ~ :3333333 ~ (anggp aje emo bibir terbang)

      Delete