Tuesday, November 13, 2012

ARTIST Pake "T"


Dulu ketika saya masih MUDA (dan) BELIA (ehm, sekarang juga masih MUDA sih tapi gak BELIA #Masalah) saya gak suka sama yang namanya kesenian tari-menari tradisional, bagi saya kok kurang gaol abiez, maklum jaman dulu promosi dan pentas kesenian kan masih kurang banget, kalaupun ada paling cuma stasiun TVRI yang rela nayangin acara bertemakan kesenian tersebut itupun dengan "kemasan" yang (bisa dibilang) kurang/gak menarik, makanya daripada belajar tari tradisional saya lebih seneng belajar tari balet #eh.

Jadi ketika ditanya segala sesuatu yang bernafaskan kesenian atau tarian tradisional pasti saya jawab: APAAN SIH? AU AH GELAP!

Tapi semenjak demen jalan-jalan dan seringnya melihat pentas kesenian saya ibarat banci yang menelan ludah sendiri. Anyway ternyata menonton kesenian secara live itu lebih seru dari pada nonton lewat tipi. Lighting, tata panggung maupun audio yang hadir dalam pementasan live jelas terasa lebih nancep di hati #tsah! -
kesan kampungan, norak, ndeso, hurik, jijay, gak gaol dan gak penting kini semuanya sirna lenyap bagai butiran deterjen, ternyata pentas kesenian tuh keren banget cin! 

Catetan saya: Mungkin "KEMASAN" dari setiap pementasan seni di Indonesia yang perlu dibenahi, supaya gak kalah booming sama Korea dengan Gangnam Style-nya. Tul gak? hehehe.


Sejak saat itu saya rajin ngobok-obok "anunya" mbah google mencari info dan jadwal event kesenian  disetiap tempat - baik yang tradisional maupun yang kontemporer - mulai dari yang berbayar sampe yang gratisan, plus kalo bisa yang bertarif eh bertaraf Internasional, kan asik tuh bisa dapet tontonan sekaligus (lokal sama interlokal eh internasional), Kapan lagi coba bisa menyaksikan berbagai macam tarian manca negara sekaligus - seperti: Tarian India, tarian hawaii, tarian Sufy dari Turki dan lain-lain - kalo gak diacara seperti ini. Kalaupun nonton dari negara asalnya bisa dipastikan tiketnya akan selangit, nah kalo di disini mah murmer aja gitu, bahkan ada yang gratis! Nah yang bikin saya bangga berjuta rasa tak terkira adalah jelas sekali bahwa kesenian Indonesia gak kalah mbois ama kesenian dari negara lain, itupun baru secuil dari Indonesia! AMBOY! :D

Saya jadi inget dulu ketika pertama kali nonton acara beginian. Saya yang
saking exited-nya - untuk mendapatkan gambar yang ciamik - dengan pemberani dan sok kiyutnya dengan bekal kamera (pinjeman) canggih, saya dan Agista nyelonong masuk kekawasan para fotografer yang sedang ngambil gambar pada salah satu pentas kesenian, abis ngambil gambar cret. cret. cret. saya dan Agista baru sadar kalo ternyata semua fotografernya menggunakan name tag bertuliskan "JOURNALIST & PHOTOGRAPHER". Hihihi *maluk* Name tag saya kan tulisannya "GEMBEL".

Oya, agenda wajib ketika nonton acara beginian adalah foto bareng artist. 


ARTIST? 


Iyo ARTIST! 


Orang Indonesia banyak yang salah kaprah tentang hal ini, banyak yang beranggapan bahwa "yang disebut ARTIS" itu selalu identik dengan bintang pilem, sinetron, penyanyi dangdut, boyband, girlband, banciband, dll. Padahal kan gak cuma itu tok, para penari, pelukis, potograper, penulis dan segala bentuk profesi yang berhubungan dengan seni kan juga layak disebut ARTIST gitu loh (pake "T") alias pekerja seni.


Saya paling demen deh foto bareng artist dari berbagai negara (
sekelas Tony Yap, Brandon O' Connor dll) dalam acara seperti ini. Lumayan kan bisa nanya-nanya (gak penting) segala hal tentang seni plus sekalian praktek bahasa Inggris (dengan catatan kalo mereka bisa). hihi. Menurut saya foto bareng ARTIST lebih bergengsi dan berkelas dari pada foto bareng ARTIS (yang gak pake "T"). Setuju?



Foto oleh Agista & Gue sendiri (maklum kamera (pinjeman)-nya cuma 1 jadi gantian makeknya). hihi

 
India hai... acha!


Produk lokal


Yang lokal pun gak kalah ama yang interlokal, hehe


Seniman (Artist pake "T")
Mirip tarian Hawaii tapi lupa dari negara mana. -__-"


Tarian Kontemporer (baru tau nih yang beginian)