Thursday, May 17, 2012

Wisata Berburu Bule

Saya sering ketawa sendiri ketika melihat kelakuan orang Indonesia (termasuk saya sendiri) yang sangat dan suuuangat (kalo kurang "U" nya bilang gue ya?) tertarik sama bule, entah itu cuma sekedar tertarik pengen ngobrol atau foto bareng, bahkan ada satu temen saya yang sangat pengen nikah ama bule setelah lulus kuliah! bule kambing kali yee?

Sejak dahulu kala saya sudah berniat pengen bisa ama yang namanya Bahasa Inggris, entah kenapa ketika lihat filem yang berisi bule yang ganteng & cantik itu lagi ngomong pake bahasa inggris kok kelihatannya keren banget, apalagi ditambah saya suka traveling, wuih tambah kenceng niat saya untuk belajar cap cis cus capcus pake Bahasa Inggris. 

Once upon a time, setelah lulus sekolah saya mulai ambil kursus Bahasa Inggris yang mengharuskan saya berkomunikasi sama bule, jaman dahulu kala Practice Exam-nya dilaksanakan di Candi Borobudur (lokasi sejuta umat buat study tour, emang gak ada tempat lain apah?) dan hasilnya cuman bisa nanya: 

Saya: Well Mister, What's your name? 
Bule: bla...
Saya: Where are you from? 
Bule: bla...
Saya: How long have you been in Indonesia?
Bule: bla...

Setelah itu... 

*hening* 

Gak tau musti nanya apalagi.

Ketika memutuskan kuliah pun saya akhirnya mengambil jurusan Bahasa Inggris, disini saya dan teman-teman lagi lagi diharuskan melaksanakan Practice Exam (Kali ini dilaksanakan di Bali), gak tanggung-tanggung setelah melaksanakan Practice Exam, kita diharuskan membuat makalah berisi hasil percakapan dengan bule plus foto-foto kita ama bule, alamak!

Hasilnya:

Temen-temen yang Bahasa Inggrisnya lumayan:

Mereka cenderung agresif dalam meng-HUNT bule:
Ketika ada bule nongol LANGSUNG SIKAT! 
Ketika ada bule nganggur LANGSUNG HAJAR! (101% mirip adegan kucing nemu ikan asin.)
Bahkan saking semangatnya pengen tolking-tolking ama bule, ada teman saya yang rela nungguin bule yang lagi boker ditoilet! (aduh gue gak kenaaaaal)

Temen-temen yang Bahasa Inggrisnya pas-pasan:
Karena bahasa inggris mereka pas-pasan, satu-satunya cara supaya bisa lulus ujian ialah dengan ngumpulin foto bareng bule sebanyak-banyaknya, masalah dialog conversation ama bule kan masih bisa "dikarang", yang penting dapet banyak foto dan beres! (Nakal ya?)
Jadi ketika mereka lagi ngemeng ama bule, satu kalimat yang hanya bisa mereka ucapin adalah:

"Hey Mister... Can I take a picture with you?" *sambil monyong-monyongin bibir, padahal aslinya udah monyong*

"Yes, Sure" Jawaban pasti dari bulenya.

Dan ketika mereka sudah mendapatkan apa yang mereka mau, dengan biadabnya mereka ninggalin si bule itu. #ooh...

Temen-temen yang Bahasa Inggrisnya Enol:

Naas bagi mereka, jangan kan punya kesempatan ngobrol ama bule, membaca pun mereka sulit... Tsah! maksudnya mau bilang minta foto aja mereka gak bisa. parahnya lagi, ketika lihat bule aja tubuh mereka udah gemeteran, keringat dan kencing mengucur deras (Lho?) Kasian! :(

Oya, Pernah suatu saat ketika tidak sengaja saya ketemu bule. Ceritanya pas saya dan Si Agista lagi backpacking naik sepeda menyusuri kawasan Candi Sewu Jogjakarta (Nyewa sepeda buat keliling candi maksudnya), pas lagi enak-enaknya poto-poto eh tiba tiba ujan, karena nyari daun pisang (sebagai pengganti payung) gak ada, jadinya kami cepet-cepet ngacir buat berteduh, kebetulan ada sebuah Gazebo yang bisa dimanfaatin buat ngiyup, dan kebetulan juga ada sepasang bule yang lagi ngiyup disitu.


Saya: Eh Cong! kita ngiyup disana aja yak! ada bule lagi ngiyup juga tuh kan lumayan bisa diajak ngomel pake Bahasa Inggris.

Agista: Ho'oh ho'oh! *manggut-manggut*

Oke, mampirlah kami digazebo tersebut dan disitu saya mulai kenalan ama sepasang bule dari Jerman itu, sebut saja namanya Stephan dan Terissa, pasangan yang sempurna, yang satu cantik dan yang satu ganteng, WADUH SAYA NAKSIR DUA-DUANYA!!! (lho?) saya sampe bingung antara mau tetep jadi cewek apa cowok (eh, kebalik ya? wkwkwk). Disitu saya mulai nanya-nanya segala hal dari sesuatu yang gak penting sampai sesuatu yang lebih gak penting lagi. Lumayan euy, dapet alamat fesbuknya, hihihi. 

Disela perjalanan pulang saya ngobrol ama Si Agista:

Saya: Cong! Lu katanya mau praktek speaking ama bule, nah tadi Lu kok diem aja?

Agista: Hah! Gila Lu Ndro! Gimana mau ngomong, kalo semua pertanyaan yang mau gue tanyain, udah elu omongin ke tu bule! Hah! *nyolot*

Saya: Oh iya ya... *ketawa guling-guling*


Pesan saya: Keep traveling and practicing your English Guys! ;)

Ini dia Bule' sama Pa'le

Serasa ketemu saudara kembar - itu yang saya suka ketika ngobrol ama bule :-P


16 comments:

  1. Not bad. At least, you have a bravery to find new perspective of the world. I think, you know couch surfing and hospitality club. Just Googling More

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Bro...
      Yeah, It's nice to have friends from overseas with different culture. It's just Fun! :)

      Delete
  2. Haha..gue juga pernah beberapa kali ngajak ngobrol bule, tapi ngga pernah brani foto bareng..(takut kontras banget)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh! Berarti foto saya yang diatas tuh keliatan kontras banget yak???

      huhuhuhu *nangis darah kotor*

      Delete
  3. Kalau mau ngobrol dg bule2, banyak ruang chat di ym ko, bisa dicoba utk melatih conversation :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, emang enak sih chatting lewat YM ato yang lain, coz bisa mikir dulu sebelum ngetik kalimat, tapi kalo udah face to face, Matilah Riwayatku!!!
      Vocab nya ilang smuaaaa!!! LOL

      Delete
  4. bacanya lucu, jadi keinget pengalaman pas kuliah, tapi kalau di cerita ini soal bahasa Inggris, yg ku itu bahasa Jepang. hehehe.
    setiap ada bule Jepang di kampus atau area wisata, deg-deg'an deketin terus ngajak ngobrol, mulai deh percakapan pake tata bahasa ngalor-ngidulnya keluar. hahaha. tapi kalau dah lewatin masanya itu jadi bener kepikiran, yang penting nekat dulu ngomong, sisanya salah, ya dari situ bisa belajar. :D
    good luck! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Roy: Hahaha! Betul banget!
      Kalo bahasa Suroboyo-an-nya: "Practice makes perfect"... LOL

      Delete
  5. kalo sy ketemu bule, biasanya malah mereka yg ngajak sy ngobrol n maksa buat foto2 (mereka foto2, sy disuruh motoin maksudnya) ahaha..

    ReplyDelete
  6. Seru..
    Kalo aku kemringet kalo mo ngomong sama orang korea, saking semangatnya sampe bingung mo ngomong apa.

    ReplyDelete
  7. Hahaha funny :D
    Temen ku yang ranking 1 dikelas malah gak berani ngobrol ma BULE. Katanya blank gitu otaknya LoL

    ReplyDelete
  8. Waktu aq SMA study tour ke Bali ditugasin jg buat interview bule, kebetulan itu impian aku bisa ngobrol & foto2 with foreigner.So glad, i can practicing my english with foreigner, altought my english not good. Hehe

    ReplyDelete